Sumbarinfo.com

logo

Pantau Kegiatan KSM, Kakanwil Beri Support dan Motivasi ke Peserta

IMG-20220912-WA0022

By: HarisTJ

Padang, sumbarinfo.com– Dihari Pertama Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi Memantau secara langsung Pelaksanaan Kompetisi bergengsi tersebut, bertempat di Kampus MAN 2 Kota Padang, Sabtu, (10/09).

Saat dimintai keterangannya, Kakanwil secara khusus memberikan support dan motivasi kepada para peserta KSM agar bersungguh-sungguh dalam megerjakan soal untuk hasil yang maksimal dan memuaskan.

“Jangan lupa Berdoa terlebih dahulu agar diberikan kemudahan dan kelancaran serta memperoleh hasil sebagaimana yang dicita-citakan,” pesannya.

Dikatakan, Kakanwil bahwa KSM adalah kegiatan yang digelar untuk membangun Kompetisi Sains Madrasah di jenjang MI, MTs, dan MA. KSM menjadi ajang positif dalam membangun budaya kompetisi di madrasah yang mengolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islam yang diwujudkan dalam soal-soal yang muatannya terintegrasi antara sains dan nilai-nilai keislaman, jelasnya.

Lebih Jauh, dikatakan Kakanwil bahwa Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 ini juga dipantau oleh Tim dari Kemenag RI.

Yang dihadiri oleh dua Orang Tim Monitoring Evaluasi(Monev) , pertama Taswirman, kedua Iman Hermawan secara langsung terjun kelokasi pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Tahun 2022.
Berlangsung, di Kampus MAN 2 Kota Padang menjalankan tugasnya dari Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI selama dua hari Sabtu dan Minggu 10-11 September 2022.

Kepala kanwil, melalui Komite KSM Provinsi Sumbar mengabarkan pada hari perdana seluruh Indonesia ini pelaksanaan KSM terpantau lancer dan tidak ada kendala yang berarti.

Ini diketahui dengan tidak banyaknya pertanyaan di helpdesk pengawas dari para peserta. Sementara tingkat partisipasi rata-rata keseluruhan peserta sebesar 99,6% dan peserta KSM Tingkat Sumatera Barat Tahun 2022 diikuti sebanyak 605 peserta, yaitu dengan rincian untuk MA berjumlah 324 orang, MTs 171 orang, dan MI berjumlah 110 orang.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi Mengapresiasi jalannya KSM di MAN 2 Kota Padang, berjalan dengan baik tanpa kendala berarti dan mendoakan agar seluruh perwakilan lomba bisa memaksimalkan kompotensi yang dimiliki untuk bisa memperoleh gelar Juara, tutur H. Edy .

Lanjut Kepala kantor, menjelaskan bahwa tujuan KSM untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan senantiasa menjunjung tinggi sprortivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

“Anak-anak madrasah sejak dini harus dilatih dan berlatih untuk menggapai prestasi dengan jujur meskipun KSM pada tingkat Kab/Kota Menurutnya, Kompetisi Sains Madrasah, adalah Agenda Nasional Kementerian Agama yang mekanisme seleksinya dilakukan mulai dari tingkat satuan pendidikan, oleh karena itu , anak-anak Madrasah perlu secara berkesinambungan dikembangkan potensi pengetahuan sains-nya.
Hadir juga pada kesempatan tersebut, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri Pani Dias , Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Padang, Farhan Furqani, Kepala MAN 2 Kota Padang H. Akhir Meinhardi beserta Kepala Madrasah Negeri maupun Swasta se-Kota Padang.

Editor: David Rikardo

BERITA LAINYA

Scroll to Top