Sumbarinfo.com

logo

Kadis Perikanan dan Pangan Buka Sosialisasi dan Edukasi Promosi Keamanan Pangan

IMG_20220917_120719

Kadis Perikanan dan Pangan Buka Sosialisasi dan Edukasi Promosi Keamanan Pangan

Padang, SumbarInfo,- Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang mewakili Kadis Pangan Provinsi Sumatera Barat membuka acara Sosialisasi/Edukasi Promosi Keamanan Pangan memberikan arahan dan sekaligus membuka secara resmi acara Sosialisasi Edukasi Promosi Keamanan Pangan Provinsi Sumatera Barat bertempat di Gedung Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie PACAH, Jumat, 16-9-2022.

Peserta Sosialisasi adalah Ibu ibu anggota KWT dan Penggerak PKK Kecamatan dan Kota Padang sebanyak 100 orang peserta.

Dalam sambutannya, Guswardi mengemukakan bahwa permasalahan pola pangan yang dihadapi saat ini adalah kebiasaan makan masyarakat yang kurang mendukung konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), belum optimalnya pemanfaatan pekarangan sebagai sumber gizi keluarga, belum optimalnya pemanfaatan pangan lokal dan rendahnya preferensi masyarakat terhadap pangan lokal yang tersedia karena terkalahkan oleh pangan introduksi dari luar.

“Kegiatan sosialisasi dan edukasi keamanan pangan ini merupakan salah satu program diversifikasi pangan Dinas Ketahanan Pangan Sumbar dan Kota Padang dalam mengatasi persoalan tersebut,” jelas Guswardi

Selanjutnya Guswardi menjelaskan bahwa semakin beragam bahan makanan yang dikonsumsi maka akan semakin lengkap kandungan gizinya, baik makro (karbohidrat, protein, lemak) maupun mikro (vitamin, mineral). Itupun harus diikuti dengan jumlah seimbang atau disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas dan berat badan ideal serta waktu makan. Selain itu juga harus aman dalam artian bebas bahan kimia (bahan tambahan pangan yang salah), fisik dan biologis.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Prov Sumatera Barat Hj Harnelli Bahar yang bertindak sebagai narasumber mengatakan, tujuan materi ini untuk menyediakan pedoman makan dan perilaku sehat bagi seluruh lapisan masyarakat berdasar prinsip konsumsi pangan beragam, perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik dan mempertahankan berat badan normal.

Dalam kesempatan ini juga, Ummi menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini hanya permulaan dari kegiatan diversifikasi pangan di Sumbar.

Sosialisasi Edukasi Promosi Keamanan pangan adalah upaya yang dilakukan dalam penganekaragaman konsumsi pangan diantaranya dengan meningkatkan jenis dan aneka ragam pangan, mengembangkan teknologi pengolahan dan produk pangan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi aneka ragam pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

“Penganekaragaman Diversifikasi Pangan dari sisi ekonomi merupakan strategi untuk menciptakan lapangan kerja, mengurangi kesenjangan pertumbuhan ekonomi, mengurangi inflasi serta mengurangi tekanan terhadap tuntutan impor. Semua ini dapat dilakukan melalui upaya optimalisasi potensi sumberdaya lokal yang ada di daerah.”tutur istri gubernur Sumbar ini.

Ummi pun menambahkan tujuan dari sosialisasi edukasi ketahanan pangan ini adalah pertama, memberikan edukasi masyarakat untuk diversifikasi pangan lokal, kedua, mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi nasi,ketiga, mengajak masyarakat memanfaatkan lahan sekitar rumah ,dan terakhir menggalakan makan buah dan sayur lokal.

“Perubahan pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman bukanlah hal yang mudah, karena sangat dipengaruhi oleh budaya, selera, dan kebiasaan makan masyarakat. Untuk itu, sosialisasi dan promosi diversifikasi konsumsi pangan secara terus menerus sangat diperlukan,”pangkasnya.

(Marlim)

BERITA LAINYA

Scroll to Top