Sumbarinfo.com

logo

Tampil Memukau Sekjen Kemenag RI Apresiasi Tim Musikalisasi Puisi MTsN 1 Padang

IMG-20220919-WA0012

Tampil Memukau Sekjen Kemenag RI Apresiasi Tim Musikalisasi Puisi MTsN 1 Padang

Padang, Sumbarinfo.com- Tim Musikalisasi Puisi Moderasi Beragama Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang kembali tampil diajang bergengsih tingkat Provinsi Sumatera Barat. Kali ini tampil didepan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI pada acara Penguatan Moderasi Beragama Aparatur Sipil Negara dilingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, bertempat di aula Amal Bakti 1kanwil setempat, Sabtu (17/09/22).

Sehabis tampil Ariq, Airin, Salwa, dan Ghatha mendapatkan apresiasi khusus dari Sekjen Kemenag RI Prof. H. Nizar yang didampingi Kakanwil Kemenag Sumbar H. Helmi, Kakankemenag Kota Padang H. Edy Oktafiandi.

Kata Sekjen lanjutkan ini sudah bagus, gelorakan terus Moderasi Beragama, dan jadilah agen perubahan Moderasi Beragama dimadrasah, tuturnya.

Tim bentukan dan binaan Kepala Madrasah Isrizal, Wakasis Hj. Maryani Sastera, Idra Putri sebagai penulis naskah Puisi, dan dilatih oleh Wahyu Prima Nelga dan Riezka Pratami itu menampilkan Musikalisasi Puisi Moderasi Beragama. Hal ini relevan dengan acara yang digelar yakni, penguatan Moderasi Beragama ASN dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi tersebut.

Musik, lagu, dan puisi yang ditampilkan memiliki pesan tentang toleransi, kedamaian, cinta, dan kasih sayang sesama ummat beragama, Kebhinnekaan, NKRI, dan Pancasila falsafah bangsa. Hal ini singkron dengan materi yang dipaparkan oleh Sekjen Kemenag RI H. Nizar.

Sekjen Kemenag RI H. Nizar menjelaskan bahwa Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap, dan perilaku hidup beragama. Moderasi beragama hanya bisa diterapkan ketika bersinggungan dalam kehidupan sosial untuk melindungi martabat kemanusiaan.

Sekjen merinci indikator Moderasi Beragama yaitu, Komitmen Kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan, dan Adaptive terhadap adat dan budaya. Moderasi Beragama berada di tengah antara ektrem dan sekuler atau mengimplementasikan Islam rahmatal lil’alamiin.

Kepala MTsN 1 Kota Padang Isrizal yang didampingi Wakasis Hj. Maryani Sastera, Wawa, Riezka dan Lisa mengungkapkan rasa syukur, bangga, bahagia, dan senangnya dengan penampilan timnya didepan para petinggi Kemenag. Kedepan akan tetap dilakukan inovasi, kreatifitas, dan terobosan-terobosan baru tentunya dengan tema dan nuansa yang berbeda, relevan dengan kekinian, dan menjawab tantangan zaman, ungkapnya seraya menyudahi tutupnya.
(HarisTJ)

BERITA LAINYA

Scroll to Top