Sumbarinfo.com

logo

Ka.kanwil Kemenag Sumbar, didampingi Kemenag Kota Padang Resmikan Pustaka Digital dan Digitalisasi Classroom MTsN 2 Kota Padang

IMG-20220920-WA0009

Padang, Sumbarinfo.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Helmi, didampingi Kepala Kemenag Kota Padang H. Edy Oktafiandi meresmikan Pustaka Digital dan Digitalisasi Classroom Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Padang, bertempat di Kampus Madrasah tersebut, Selasa (20/9).

Kakanwil Kemenag Sumbar dalam sambutannya mengatakan bahwa MTsN 2 Padang telah banyak melakukan inovasi, semua itu lahir karena dibarengi dengan semangat kebersamaan yang saling bahu membahu segenap unsur keluarga besar MTsN 2 Kota Padang.

Semua itu tentunya harus selalu digenjot dan ditingkatkan lagi demi kemajuan madrasah yang terletak di Kecamatan Kuranji ini, ajaknya.

H. Helmi mengatakan bahwa Pustaka Digital di MTsN 2 Kota Padang ini merupakan yang pertama di Madrasah yang ada di Kota Padang bahkan diseluruh Madrasah se-Sumatera Barat, tuturnya.

Kata dia, memang ada pustaka berbasis digital namun baru sebatas ditumpangkan dalam bentuk pustaka biasa, akan tetapi bagi Bagi MTsN 2 Kota Padang sudah berdiri sendiri dan telah berbuat, pujinya sambil memberikan Plus plus dan Plus.

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi meminta para Kepala Madrasah di Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya agar secepatnya melakukan transformasi digital pada Satuan kerja madrasah yang dipimpinnya, sambungnya.

Lebih jauh, Kakanwil memaparkan bahwa untuk menghadapi Era millennial ini, Madrasah ini telah mempersiapkan diri dengan konsep madrasah berbasis digital pendidikan 4.0. , dan sungguh luar biasa salah satu madrasah yang telah mempersiapkan class digital adalah MTsN 2 Kota Padang yang tengah bersiap menjadi madrasah digital dengan menghadirkan digital classroom.

“Era transformasi digital adalah hal yang tidak bisa dihindari dan juga sudah mempengaruhi berbagai elemen kehidupan kita, termasuk sektor pendidikan, sebab itulah konsep madrasah digital menjadi salah satu terobosan yang harus mulai diadopsi agar madrasah tetap relevan dengan perkembangan zaman,” ajaknya Kakanwil seraya berikan apresiasi.

“Generasi muda saat ini telanjur didominasi sistem komunikasi dengan telepon, dan sedikit membaca lembaran buku. Membangkitkan siswa untuk gemar membaca memang agak sulit, tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat kita selaku orang yang didahulukan salangkah dan ditinggikan seranting untuk terus menggairahkan mereka agar gemar membaca melalui perpustakaan digital,” ajak Kakanwil.

Kita tentunya semua berharap agar terus menanamkan kesadaran kepada siswa bahwa dengan membaca akan membuka jendela dunia, mengetahui berbagai informasi yang bisa menjadi bekal kelak di masa yang akan datang, pesan H. Helmi.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Madrasah Digital ini menjadi metode pembelajaran yang diberikan kepada siswa dengan berbasis teknologi digital.

Saat ini kita menghadapi sebuah tantangan yang cukup berat, dimana kita mengajar anak didik dengan ilmu pengetahuan yang belum begitu sempurna dan mereka menggunakan teknologi yang belum begitu kita pahami.

Lebih lanjut, dikatakan H. Edy bahwa guna menyeimbangkan hal tersebut maka siswa madrasah hendaknya memperkaya literasi digital, yaitu tidak hanya kemampuan membaca informasi di media digital, tetapi juga kemampuan untuk mencari, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang didapatkan.

Sehingga siswa madrasah nantinya akan menjadi generasi yang kokoh tidak hanya dalam hal keterampilan, tetapi juga kokoh dalam hal perilaku, akhlak dan budi pekerti yang baik, ajak Kemenag Agam dimasanya ini.

Menurut H. Edy pada classroom digital proses belajar mengajar menggunakan perangkat teknologi layar besar yang telah diisi dengan berbagai macam aplikasi yang mendukung pembelajaran, tuturnya.

Selain itu, Ia juga berharap karena begitu antusiasnya dari tahun ke tahun minat masyarakat masuk ke MTsN 2 Kota Padang yang terus membludak dan meningkat sehingga ruang belajar semakin kurang jumlahnya.

Kita tentunya penuh harap melalui Kakanwil Kemenag Sumbar dengan kekurangan ruang belajar tersebut bisa diatasi sesegera mungkin, pinta Orang nomor satu di Kementerian Agama Kota Padang tersebut.

Dan Alhamdulillah berkat Doa kita bersama untuk memajukan madrasah secara bersama-sama, terkhusus bagi MTsN 2 Kota Padang pada tahun depan akan mendapat tambahan ruang kelas sebanyak 6 kelas dalam bentuk bertingkat, jelas Kemenag Kota Padang seraya ucap Syukur dan terima kasih kepada Kakanwil.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Kota Padang Zulfadli Alfa, dalam laporannya menyebutkan kehadiran pustaka dan kelas digital tersebut merupakan salah satu jawaban atas perkembangan digitalisasi demi peningkatan pelayanan terutama pada peserta didik.

Dia meminta kepada majelis guru, pegawai tata usaha dan pihak terkait di MTsN 2 Padang untuk terus bersama-sama untuk memajukan madrasah yang berlokasi di Durian Tarung Kecamatan Kuranji Kota Padang ini, ajaknya.
Lebih jauh, sang Kepala Madrasah Zulfadli Alfa mengatakan bahwa Perpustakaan digital ini kami gagas untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh warga MTsN 2 Kota Padang.

Diakui atau tidak, kita lebih suka mengorek informasi secara lisan (mendengar), bukan membaca (tekstual) media cetak. Padahal, untuk bisa memperoleh informasi dari informan yang berkompeten tentu memerlukan waktu bahkan tempat tertentu.

Oleh karenanya dengan adanya perpustakaan digital diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut, yakninya dalam memperoleh informasi baik Pendidik, Peserta didik maupun tenaga kependidikan tidak perlu meluangkan waktu dan tempat khusus untuk memperoleh informasi yang diinginkan, sebut Zulfadhli Alfa.

Perpustakaan digital dapat diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja, memang disini para penerima manfaat dari perpustakaan digital tetap dituntut untuk mau membaca, tetapi dengan tampilan yang modren serba digital diharapkan hal ini bisa meningkatkan minat membaca,” terang sang kepala Madrasah penuh harap.

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh KUA Kuranji Sawaldi , Ketua Pokjawas Taufik, Pengawas Madrasah , Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri maupun Swasta se Kota Padang, Kepala MIN 6 Kota Padang , Camat Kuranji, Porkapimca, Forum Rt/Rw se Kecamatan Kuranji, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, Alim Ulama, Cadiak Pandai sarato bundo kanduang, Ketua Komite beserta undangan yang hadir ikut serta mensukseskan kegiatan luar biasa tersebut dan dimeriahkan dengan penampilan tari piring yang dipertontokan peserta didik binaan Kepala MTsN 2 Kota Padang Zulfadhli Alfa.

Oleh: HarisTJ

BERITA LAINYA

Scroll to Top