Sumbarinfo.com

logo

Aparat Polsek Koto Tangah Laksanakan Jumat Bersih

IMG-20221112-WA0009

Padang, SumbarInfo,- Suasana berbeda terlihat di Masjid Nurussakinah Perumahan Lubuk Lestari Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Jumat (11/11/2022). Sejumlah anggota Polri dari Polsek Koto Tangah terlihat membersihkan masjid tersebut.

Berdasarkan pantauan Sinyalnews, di halaman masjid tersebut di parkir mobil dinas dari Polsek Koto Tangah dan beberapa motor dinas plat polisi. Di dalam mobil tersebut terdapat sejumlah peralatan seperti sapu, penyedot debu, ember, tempat sampah, genset, tangga dan lainnya. Peralatan inilah yang digunakan bekerja oleh anggota Polsek Koto Tangah.

Dipimpin Kapolsek AKP Afrino SH, MH, begitu tiba di masjid yang dituju, langsung mengambil peralatan sendiri-sendiri dan mengerjakan sesuai tugasnya masing-masing.

AKP Afrino mengatakan Polsek Koto Tangah mempunyai program sosial dengan nama “Jumat Bersih”. Aksi bersih-bersih masjid ini merupakan kegiatan sosial rutin yang dilakukan oleh Polsek Koto Tangah. Hari ini pihaknya beragenda membersihkan Masjid Nurussakinah ini.

“Kita dari Polsek Koto Tangah punya program aksi sosial yang di beri nama Aksi Jumat Bersih, dimana setiap hari Jumat, kami seluruh anggota Polsek Koto Tangah turun ke masjid-masjid untuk melaksanakan aksi bersih-bersih masjid. “Untuk hari ini kita akan membersihkan masjid Nurussakinah ini” ujar Kapolsek.

Dengan cara seperti bersih-bersih masjid, kita bisa berkumpul dan silaturahmi dengan masyarakat sehingga hubungan harmonis antara polri dan masyarakat akan terjalin dengan baik, lanjut AKP Afrino didampingi Kanit Reskrim Ipda Mardianto Padang SH.

Inilah cara kami untuk membuktikan kalau Polri itu bagian dari rakyat. Kami ingin Polri dicintai oleh rakyat, kalau Polri adalah Pengayom rakyat” ungkapnya.

AKP Afrino menuturkan, pihaknya awalnya hanya membersihkan tempat wudu dan toilet. Kemudian saat ini dilakukan pembersihan bagian masjid secara keseluruhan.

“Awalnya kami hanya kosek tempat wudu sama kamar mandi. Jadi hanya kosek dengan cairan khusus yang sering kasih nama cairan ajaib. Tapi semakin ke depan kami berpikir kenapa tidak seluruh lingkungan masjid, maka akhirnya kami membersihkan seluruh lingkungan” ungkap AKP Afrino.

Kapolsek mengatakan, tujuan dari kegiatan ini semata-mata untuk mencari tambahan amalan. “Tujuan dari bersih masjid ini sebetulnya semata-mata hanya mencari tambahan amalan. Amalan bersih masjid dimana amalan ini memang menjadi utama dan oleh Rasulullah ini begitu diperhatikan dari amalan ini,” tutur AKP Afrino.

Ada yang menarik saat pelaksanaan bersih-bersih masjid berlangsung. Diantara peserta aksi terlihat Kanit Reskrim Polsek Koto Tangah Ipda Mardianto Padang juga turut serta membersihkan masjid. Padahal seperti diketahui, Ipda Mardianto Padang SH adalah penganut agama Kristen.

“Saya ingin buktikan kalau toleransi antar umat beragama di kota Padang terlaksana dengan baik” ujar Ipda Mardianto Padang. Agama boleh beda, akan tetapi rasa kekeluargaan antar warga masyarakat kota Padang tetap tetap terjaga, lanjutnya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Nurussakinah Nasrul mengucapkan terima kasih sekali atas datangnya Team Jumat Bersih dari Polsek Koto Tangah. Terlebih mereka datang dengan membawa peralatan modern.

“Kami mewakili jamaah masjid Nurussakinah dan warga Perumahan Lubuk Lestari , sangat berterima kasih sekali atas bantuan pembersihan masjid di komplek kami ini” ujar Nasrul

“Kaitannya dengan kebersihan karpet di dalam masjid dan sebagainya termasuk tempat wudu yang tadinya sangat kotor sekali. Alhamdulillah kedatangan bapak-bapak dari Polsek Koto Tangah ini, masjid bisa bersih sebersih-bersihnya dan tempat wudu pun dibersihkan seperti baru lagi,” katanya.

(Marlim)

BERITA LAINYA

Scroll to Top