Sumbarinfo.com

logo

Masyarakat Terdampak Banjir di Koto Baru di Kunjungi Wakil Bupati Solok.

IMG-20221118-WA0013

Padang, SumbarInfo,- Guna memastikan kondisi terkini masyarakat di Kenagarian Koto Baru yang terdampak banjir sejak beberapa hari lalu, Wakil Bupati Solok meninjau secara langsung lokasi banjir tersebut.

“Pascabanjir yang terjadi di Koto Baru dua hari yang lalu. Kami hari ini melakukan kunjungan ke lokasi terdampak banjir,” ungkap Wakil Bupati

Disampaikan Wakil Bupati, hasil pantauannya di lapangan, masih ada beberapa daerah yang tergenang air. Dia menambahkan bahwa dampak dari banjir di Koto Baru yang airnya mulai menuju arah hilir.

“Namun air tidak terlalu besar karena memang di bagian hilir Batang Lembang, di Koto Baru ini masih kosong. Biasanya kalau di hilir Batang Lembang kosong banjir tidak lama, paling lama tiga hari sudah surut. Untuk wilayah Batang Lembang, kemarin, di hari kedua sudah mulai surut, hanya di dataran rendah saja yang tergenang,” papar Wakil Bupati.

Untuk itu, Wabup mengimbau kepada pihak kecamatan dan nagari di wilayah sepanjang bantaran Batang Lembang agar turut memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap siaga banjir. “Kemudian bila terjadi banjir agar menjaga anak-anak dengan baik. Ini harus jadi pelajaran untuk para orang tua agar mengawasi anak dengan baik, jangan lalai agar tidak terjadi korban jiwa,” pesan Bupati.

Jhon Firman Pandu menyampaikan empati kepada masyarakat yang terdampak. Terhadap kerusakan yang diakibatkan banjir kali ini, ia berharap agar masyarakat bisa mengikhlaskannya. “Sabar Bapak dan Ibu, insyaallah jika kita ikhlas, Allah akan menggantikannya dengan yang lebih banyak dan lebih baik,” katanya.

Wabup juga meminta kepada aparat kecamatan dan nagari untuk membantu memfasilitasi pendataan dampak bagi tanaman padi maupun perkebunan masyarakat serta mengomunikasikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Kepada kepala OPD terkait agar tetap menyiagakan unit penanganan bencananya masing-masing. Saya lihat air sudah mulai surut sehingga saya harapkan agar semua termasuk pemerintah kecamatan, nagari, dan jorong membantu pembersihan sampah sisa-sisa banjir. Juga kepada masyarakat agar tetap siaga atas segala kemungkinan,” harapnya.

Ketua DPC Gerindra Kab Solok ini pun menyampaikan terima kasih kepada kelompok siaga bencana, yang telah merespons cepat penanganan banjir di Koto Baru. Pembentukan Kampung Siaga Bencana di nagari Koto Baru yang juga telah melakukan gerakan cepat atas banjir di wilayahnya.

(Marlim)

BERITA LAINYA

Scroll to Top