Sumbarinfo.com

logo

DPW IKATIP Sumbar Dorong KANINDO Bantu Pengembangan Rotan dan Manau untuk Produk Ekspor

WhatsApp Image 2024-01-24 at 19.01.46_420b62a2

Sumbarinfo.com,- Pasaman, Kreativita Anak Nagari Indonesia (KANINDO) bersama UPTD KPHL Pasaman melaksanakan Sosialisasi Budaya Rotan dan Manau untuk kebutuhan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang ada di Sumatera Barat, Selasa 23 Januari 2023 di Aula UPTD KPHL Pasaman Raya.

Itra Susanto selaku Narasumber dari KANINDO menyampaikan bahwa Rotan (rattans) dikenal sebagai jenis tumbuhan tropis cocok dikembangkan di Sumatera Barat, selain alam yang mendukung, hamparan lahan masyarakat banyak yang produktif untuk pengembangan budidaya Rotan dan Manau yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Sumatera Barat.

Itra Susanto yang tergabung dalam DPW IKATIP Sumbar itu menambahkan bahwa Sebagai Alumni PoliteknikATIP akan berupaya membantu masyarakat Sumatera Barat bersama DPW IKATIP melirik dan mengembangkan potensi Sumatera Barat, bagaimana Rotan bisa diperdagangkan untuk keperluan rumah tangga seperti furniture, lampit, keranjang dan lain – lain, akan tetapi berkualitas Exspor dan dapat mendatangkan bayer – bayer dari luar negeri.

Dalam ulasannya Itra Susanto menyampaikan bahwa saat ini permintaan bahan baku rotan terus meningkat sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk dan kualitas hidup suatu bangsa. Permintaan bahan baku rotan yang terus meningkat ini terdorong oleh pengaruh kemajuan teknologi pemrosesan dan desain produk rotan yang terus berkembang serta kemampuan pemasaran.

Sampai saat ini kebutuhan bahan baku rotan sebagian besar masih diperoleh dari hutan alam terutama jenis-jenis rotan besar dan sedikit dari budidaya rotan masyarakat. Sementara untuk memenuhi kebutuhan rotan dimasa akan datang yang terus meningkat diperkirakan dua sumber rotan tersebut tidak mampu menyediakan dalam jumlah cukup dan lestari. Oleh karena itu, KANINDO yang tergabung dalam DPW IKATIP Sumbar bersama UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Pasaman berinisiatif untuk mengembangkan budidaya tanaman rotan bersama masyarakat Pasaman.

Tera dari UPTD KPHL Pasaman menyampaikan “sangat mendukung penuh apa yang di gagas oleh KANINDO, dan ini sejalan dengan program Pemerintah Sumatera Barat, dan akan membantu masyarakat untuk penyediaan bibit jika lahan masyarakat sudah siap untuk pengembangan budi daya rotan dan manau, ulas tera.

KANINDO yang tergabung dalam DPW IKATIP akan melaksanakan budidaya rotan di Sumatera Barat dalam bentuk kemitraan dengan masyarakat petani hutan setempat yang akan didampingi langsung oleh UPTD KPHL di kabupatan kota di Sumatera Barat.

Dalam waktu terpisah media Sumbarinfo.com menghubungi Darman MTC selaku ketua DPW IKATIP Sumbar menyampaikan sengaja kita lakukan bersama KANINDO Sosialisasi ini terhadp masyarakat petani rotan, sebagai wujud nyata DPW IKATIP terhadap masyarakat Sumatera Barat untuk meningkatkan perekonomian dalam bentuk industri kreatif rotan dan kayu serta kita akan buka pasar exspor langsung dari Sumatera Barat.

Lanjut Darman MTC Nanti kita bina pengrajin kreatif Rotan dan Manau bagaimana produknya bisa masuk ke pasar Exspor seperti layaknya dilakukan di daerah Cirebon. Selain itu melalui program DPW IKATIP Sumbar masyarakat petani rotan dan manau, nantinya kita lakukan pembinaan dalam bentuk Koperasi, Sehingga petani rotan ini bentul – betul terbantu untuk peningaktan ekonomi serta kita dukung untuk pengembangan Koperasi berbasis Nagari, yang akan dibina langsung oleh Sofian Tawar yang menjadi Ketua Koordinator bidang Koperasi DPW IKATIP Sumbar yang juga Tenaga Ahli Koperasi pada Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat, ulas Darman.


(Putra-sgm)

BERITA LAINYA

Scroll to Top